Cara kerja Telepon - GIT Store

Breaking

Notebook

Sabtu, 15 Maret 2014

Cara kerja Telepon

Kalian semua tentunya telah mengenal Telepon kan dan pasti nya pernah menggunakanya mulai dari ibu2 bapak2 adek2 semuanya pasti telah mengenal Telepon..
Tahukah kalian TELEPON berasal dari bahasa yunani dan terdiri dari 2 kata Tele dan Phone ..
Tele yang berarti jauh sedangkan Phone yang berarti bunyi jadi telepon merupakan alat penerima getaran bunyi jarak jauh ..
Pengertian lain dari telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara 
kebanyakan telepon beroprasi menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan Telepon
sehingga memungkinkan kita dapat berkomunikasi satu sama lain.

Bagian Bagian dari Telepon :

1.Mikrofon 
Mikrofon adalah bagian yang berada di gagang telepon. Bagian ini berada pada telinga kita saat sedang bertelepon. Mikrofon memiliki 14 gendang telepon yang berbentuk cakram logam tipis yang disebut dengan diaphargm.
2.Speaker
Speaker adalah penerima suara yang tepat berada pada bagian mulut kita dan akan menciptakan nada suara. Nada suara ini kemudian akan diterima melalui diaphragm.
3.Hook switch
Berada pada tempat gagang telepon fungsinya untuk memutuskan dan menghubungkan pembicaraan
4.Ringer  
 Merupakan speaker untuk mengeluarkan nada Pada saat seseorang menghubungi kita.
5.Duplex coil
Berfungsi untuk mencegah agar suara kita tidak sampai ke telinga kita sendiri pada saat bertelepon.
.

CARA KERJA TELEPON :

Tadi kan kita sudah membahasa mengenai bagian2 dari TELEPON sekarang kalian tau ga cara kerja nya?
Nah , Telepon bekerja dengan cara mengirimkan gelombang suara melalui arus listrik dalam jaringan Telepon sehingga kita dapat berbicara dengan orang lain atau lawan bicara kita lalu
lawan bicara kita akan menangkap getaran elektrik suara kita sebagaimana suara yang didengarnya.
Sewaktu kita berbicara di telepon kita akan mengeluarkan gelombang suara dari mulut Kita. Gelombang suara itu yang dibawa oleh arus listrik ke lawan bicara kita Saat kita berbicara diTelepon gelombang suara tadi akan mengenai diaphragm sehingga diaphragm bergetar.
Di belakang diaphragm diletakan sekumpulan kecil butiran karbon yang akan tertekan jika diaphragm bergetar. Ketika butiran karbon tertekan, hambatan listriknya menjadi lebih kecil, sehingga menyebabkan arus listrik mengalir melalui rangkaian telepon.
Getaran diaphragm Juga tergantung dari besarnya arus listrik yang dikirim oleh orang yang berbicara melalui mikrofon semakin keras kita berbicara maka arus yang dihasilkan semakin besar dan diaphragm bergetar lebih cepat nah apabila kita berbicara dengan nada rendah maka suara yang dihasilkan akan kecil diaphragm bergetar lemah.
Getaran diaphragm ini juga akan mendorong udara yang ada di depannya sehingga akan tercipta nada2 sehingga kita dapat didengar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar