Tips menghemat Kuota Internet - GIT Store

Breaking

Notebook

Rabu, 07 Januari 2015

Tips menghemat Kuota Internet

Manejemen kuota internet merupakan suatu hal yang penting untuk orang Asia. Internet di Asia contohnya di Indonesia tidak ada yang benar-benar unlimited. Kebayakan ISP di Indonesia menggunakan sistem kuota dan ada FUP. Paket Data untuk sebulan terkadang tidak mencukupi sehingga kita perlu mengtaur pemakaian kuota.
Selain mengatur auto update dan limit pemakian kuota, kita bisa juga menggunakan aplikasi untuk menghemat pemakaian kuota seperti berikut:




  1. Menggunakan browser  seperti opera mini atau Uc browser. Pada Opera dan UC browser terdapat opsi untuk memilih kualitas gambar. Semakin rendah kualitas gambar makin sedikit kuota data  yang digunakan.
  2. Untuk anda pengguna chrome bisa mengaktifkan "Reduce Data Usage" pada setting. 
  3. Untuk pengguna firefox bisa menggunakan Add-ons Janus Proxy.
  4. Pada Browser Asus terdapat setting Bandwidth Management untuk tidak menampilkan gambar.
Sebenarnya dengan menggunkan cara diatas kita akan menambahkan proxy pada browser. Proxy yang berfungsi untuk mengcompress data seperti server operamini atau SPDY proxy pada chrome. Setelah melewati proxy server baru dikirim ke device kita dengan ukuran lebih kecil. (Jadi data-data kita melewati server orang lain terlebih dulu)

Selain itu kita juga dapat menerapkan proxy pada hampir semua aplikasi pada device dengan aplikasi seperti berikut:

  1. Opera Max
  2. Onavo Extend
  3. Neopard
  4. iZone
Dari empat aplikasi diatas yang sudah saya coba adalah Neopard dan Onavo Extend. Saya memilih menggunakan Onavo. Hal itu dipengaruhi letak proxy server, letak operator dan posisi kita.
sebagai contoh Opera Max tidak dapat didownload melalui playStore untuk orang Indonesia karena mungkin karena tidak ada server Opera Max dekat Indonesia.
Dengan aplikasi ini anda seperti menggunakan VPN yang berarti mungkin data kita bisa dilihat oleh pihak ke tiga atau keempat. Jadi kita perlu berhati-hati jika melakukan sesuatu yang bersifat rahasia atau transaksi online.
Setelah menggunakan Onavo untuk 2 hari didapat laporan telah menghemat 784MB. Rasanya ketika tidak menggunakan onavo pemakaian data tidak pernah mencapai ratusan mega dalam dua hari, hal ini seperti terlalu berlebihan namun dengan menggunakan aplikasi ini memang lebih menghemat kuota namun lebih cepat menghabiskan baterai. Jadi ketika tidak sedang dibutuhkan lebih baik di non-aktifkan dan di-Kill saja prosesnya.
Dalam mengehemat baterai saya menggunakan aplikasi bernama Greenify yang dapat meng-Kill proses yang tidak dibutuhkan termasuk proses background. Greenify memiliki widget yang dapat memudahkan kita mematikan proses (Hibernate).

3 komentar:

  1. Saya diuji NEOPARD: sangat efisien.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk artikel ini. Aku diuji NEOPARD, OPERA MAX dan ONAVO dan aku lebih suka NEOPARD

    BalasHapus
  3. hello france :)

    BalasHapus