Cara Memilih Smartphone Canggih dengan Harga Murah - GIT Store

Breaking

Notebook

Kamis, 01 Juni 2017

Cara Memilih Smartphone Canggih dengan Harga Murah


Anda mau smartphone yang canggih dengan harga terjangkau, smartphone dengan prosesor kecepatan TINGGI, RAM Besar dan memori internal LEGA tapi harga MURAH.

Harga memang menentukan kulitas dari sebuah barang, harga bagus kualitas bagus. Eitss.. tapi harga apa yang harus kita bayar?? Jangan sampai yang yang kita bayar adalah biaya iklan dan promosi yang bagus :P

Pernah beli smartphone mahal-mahal tapi setelah dipakai lemot, memori cepat penuh, RAM penuh nge-lag dan ternyata memang spesifikasinya pas-pasan. Mahal, itu karena anda perlu ikut membayar biaya iklan dan promosi yang sangat mahal. Waktu dijual lagi jadi sangat murah karena spesifikasi nya sudah ketinggalan. Iklan memang dapat sangat membuat kita tergiur tanpa benar-benar tau spesifikasi smartphone tersebut.

Biasa yang jadi pertimbangan memilih smartphone canggih adalah memiliki RAM besar dan ukuaran MegaPixel besar. Tapi RAM yang besar belum tentu smartphone ga menjamin kecepatan smartphone. MegaPixel besar juga tidak menjamin kualitas dari foto yang di hasilkan.

RAM

RAM itu ibarat antrian setor uang ke bank, kalo tempat antrian besar tapi teller banknya lelet, ya jadi lambat. Jadi kalo di smartphone teller itu ibarat prosesor yang memproses data yang antri di memori RAM. Berarti kita juga harus pilih yang prosesor yang cepet biar smartphone ga lemot.
Kalo prosesornya Octa-core berarti tellernya 8 kan? iya bisa dibilang begitu, jumlah core bisa mempengaruhi performa multi-tasking dari sebuah smartphone, tapi kita juga jangan tertipu dengan jumlah core yang tertera. Karena core dapat memiliki kecepatan berbeda-beda.


Prosesor

Sebagai contoh kita lihat Snapdragon 820 2.2Ghz (Quad-core) dan Snapdragon 625 1.7Ghz (Octa-core). Snapdragon 625 memiliki jumlah core 2 kali lipat dibanding Snapdragon 820, dan kalo pake di itung pake matematika 2.2x4 = 8.8 vs 1.7x8 = 13.6, masih lebih unggul Snapdragon 625.
TAPI coba lihat hasil test AnTuTu dari kedua prosesor tersebut.

Performa Snapdragon 820 jauh melebihi Snapdragon 615. Jadi apa yang menentukan kecepatan prosesor? Jawabannya kembali lagi ke harga, harga prosesor Snapdragon 820
 jauh lebih mahal dibanding Snapdragon 615. Jadi bagaimana kita bisa dapat smartphone murah dengan sepesifikasi tinggi? Jawabannya adalah dengan mengurangi biaya iklan dan promosi.


Masalahnya bagaimana kita membedakan smartphone murah dan murahan? Pada prosesor snapdragon kita bisa lihat pada angka pertama yang menunjukan kelas dari prosesor dan angka kedua dan ketiga bisa dibilang menunjukan versi. Jadi semakin tinggi kelasnya semakin tinggi kecepatannya dan semakin besar  versinya semakin baru. Versi dapat menentukan teknologi yang digunakan biasanya semakin baru semakin hemat energi, efisien dan juga bisa lebih cepat. Pada prosesor merk lain kita dapat lihat hasil test dan harga prosesor tersebut.

Camera

Sama halnya dengan camera, kita perlu lihat hasil yang dihasilkan dari camera, tidak hanya beracu pada ukuran pixel camera. Contohnya Zenfone 3 Zoom yang memiliki camera 13MP dapat menghasilkan foto yang lebih bagus dari pada camera 16MP, karena Zenfone 3 Zoom menggunakan kamera Sony IMX 362.

After sale

Selain spesifikasi kita juga harus lihat service after-sale dari brand smartphone tersebut, jangan sampai tidak bisa service karena garansi abal-abal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar